Lokasi dan Tips Memilih Web Hosting

Lokasi dan Tips Memilih Web Hosting

Lokasi dan Tips Memilih Web Hosting

Hingga saat ini, banyak argumen yang mengemuka mengenai lokasi hosting sebuah website. Sebenarnya ‘perbedaan pendapat’ ini terjadi karena lokasi hosting menjadi salah satu faktor seo dalam peringkatan sebuah website (rangking) pada hasil pencarian (Google).

Lokasi web hosting saja tidak serta merta membuat website menjadi Anda menempati rangking 10 besar atau halaman satu di Google, masih banyak faktor lain yang membuat sebuah website ‘nangkring’ di halaman satu hasil pencarian Google. Namun, tidak ada salahnya kita mengetahui lokasi web hosting dan manfaatnya untuk website Anda.

Lokasi Web Hosting di Indonesia, Singapura atau Amerika?

Sebelum menentukan lokasi hosting mana yang akan dipilih, sebaiknya Anda menentukan terlebih dulu target pasar Anda. Contoh: Anda memiliki bisnis baju, dan ingin menjualnya melalui website toko online dengan target pasar di Indonesia maka pilihan lokasi web hosting-nya di Indonesia atau Singapura. Jarak hosting yang lebih dekat, dapat mempersingkat waktu pengunjung dalam membuka website Anda.

Apabila target pasar Anda di kawasan Asia, maka pilihannya lokasi web hosting di Singapura, Jepang atau Hongkong. Lokasi hosting di Amerika (USA) cocok untuk Anda yang memiliki target pasar internasional atau seluruh dunia.

Selain lokasi web hosting, masih banyak faktor lain yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan seperti: Uptime hosting, hardware, teknologi server, kapasitas penyimpanan, bandwith, kontrol panel, support, dan lainnya.

Tips Sebelum Memilih Penyedia Layanan Web Hosting / Server:

  1. Buatlah daftar penyedia hosting yang akan Anda pilih.
  2. Cari testimoni dan review dari penyedia layman tersebut.
  3. Hubungi penyedia layanan tersebut melalui live chat, informasi kontak yang disediakan oleh penyedia layanan.
  4. Bandingkan dan sesuaikan harga yang ditawarkan dengan budget Anda.
  5. Pelajari syarat dan ketentuan yang berlaku.
  6. Coba terlebih dahulu dengan berlanggan selama 1 bulan. Karena, apabila tidak cocok dengan layanan yang diberikan anda bisa membatalkannya dikemudian hari.
  7. Jangan terlalu percaya dengan layanan yang menawarkan harga terlampau ‘murah’ untuk paket dan layanan yang sama dari penyedia layanan lain.
  8. Pelajari fitur-fitur dan garansi yang diberikan.

Semoga Anda dapat menemukan layanan web hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat hunting!

By |2018-09-22T20:41:37+00:00Juni 12th, 2018|Blog, Hosting|0 Comments